Minggu, 22 Desember 2013

Mengerjakan Aplikasi Dapodik 2013 dengan Cara Keroyokan


Pengerjaan tahap pertama aplikasi dapodik 2013 memang tergolong susah bila dikerjakan oleh satu orang operator saja, apalagi jika sekolah tersebut mempunyai banyak peserta didik, PTK, maupun sarprasnya. Hal ini pernah dialami oleh operator SD Negeri Sungai Gampa 2. Bayangkan, ketika pertama kali membuka aplikasi dapodik ini, terdapat 400 baris lebih data invalid yang harus diperbaiki. Entah kenapa data pada aplikasi dapodik 2012 tak satu pun masuk di aplikasi terakhir ini, bahkan siswa yang sudah lulus dan mutasi pada tahun ajaran 2011/2012 dan 2012/2013 masih "bercokol" minta dilengkapi datanya dan diregistrasi ulang. Padahal data siswa tersebut sudah dikeluarkan di aplikasi sebelumnya.

Untungnya, Aplikasi dapodik 2013 ini berbasis web sehingga kami dengan mudah dapat mengatasi hal ini. Dari 400 baris lebih data invalid dapat diperbaiki hanya dalam beberapa hari. Alhamdulillah data tersebut sudah disinkronisasi ke server pusat. Caranya sebagai berikut :
Alat-alat yang disiapkan :
  1. Siapkan 5 buah laptop atau komputer dekstop dengan salah satu laptop yang sudah diinstal aplikasi dapodik 2013.
  2. Satu terminal hub (ethernet hub) paling sedikit dengan 5 port. Terminal hub ini dapat dibeli di toko alat-alat koputer dengan harga berkisar Rp. 80.000,-
  3. Lima buah kabel LAN dengan panjang masing-masing sekurang-kurangnya 3 meter atau disesuaikan dengan keperluan. Harga kabel ini Rp. 5.000,- per meter.
  4. 10 buah Jack RJ 45 dengan harga sekitar Rp. 2.500,- per buah. Pemasangan Jack RJ 45 pada kabel LAN biasanya sudah dipasangkan pihak toko dengan menggunakan Crimping Tool atau Tang Klem.
Cara membagi aplikasi ke laptop atau dekstop lain.
  1. Nyalakan laptop yang sudah diinstal aplikasi dapodik dan laptop atau dekstop lainnya. Hubungkan semua laptop/dekstop ke terminal hub menggunakan kabel LAN.
  2. Pada laptop/dekstop yang sudah diinstal aplikasi dapodik (kita anggap saja sebagai server), klik kanan tombol "Start". Pilih "Control Panel", klik kanan, kemudian muncul jendela setting komputer.
3.  Pilih dan klik kanan "Network and Sharing Center", kemudian klik kanan " Change Adapter Settings"

4.   Pastikan "Local Area Connection" sudah di "enable". Jika adapter masih dalam keadaan "Disable" maka klik kiri pada icon tersebut kemudian pilih "Enable". Tunggu sebentar dan amati pencarian atau indentifikasi laptop atau dekstop lain yang sudah tersambung kabel LAN.
5. Jika sudah tersambung, buka browser pada masing-masing laptop/dekstop lain. Ketik IP laptop server dan kode aplikasi dapodikdas. Contoh : 192.168.135.1:8080.
Keterangan : 192.168.135.1 adalah IP laptop/dekstop server (yang sudah diinstal aplikasi dapodik), sementara 8080 adalah kode/alamat aplikasi dapodikdas.
Selamat mengerjakan dan semoga informasi sederhana ini dapat membantu, Aminn... 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar