Minggu, 02 Oktober 2011

Program Perpustakaan

Rencana kerja perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.

Program Jangka Pendek
1. Menyediakan dan menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
2. Menyediakan dan melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
3. Mengolah dan mengorganisasikan bahan pustaka dengan system tertentu shingga memudahkan penggunaannya;
4. Melaksanakan layanan perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
5. Meningkatkan minat bacan murid, guru, dan staf tata laksana;
6. Menambahkan koleksi bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan perpustakaan;
7. Pembuatan proposal permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;
8. Memelihara bahan pustaka agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
9. Menerbitkan kartu perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
10. Menerbitkan berbagai administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll;
11. Inventarisasi, klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
12. Entry data anggota perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
13. Pelayanan peminjaman buku perpustakaan;
14. Penerbitan Surat Tanda Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas VI sebagai syarat pengambilan Ijazah;
15. Mengikuti beberapa lomba perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.

 Program Jangka Panjang
1. Menerapkan system layanan perpustakaan berbasis ICT;
2. Menerapkan E-Library learning;
3. Merealisasikan qualitas dan quantitas buku minimal 500 judul dengan 1.500.000 eks pada tahun 2015;
4. Terciptanya ruangan perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.


Lihat juga 
Sekilas tentang Perpustakaan SDN Sungai Gampa 2
Struktur Kepengelolaan 
Tata Tertib Perpustakaan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar