Minggu, 02 Oktober 2011

Sekilas tentang Perpustakaan SDN Sungai Gampa 2

Bangunan Perpustakaan SDN Sungai Gampa 2

Perpustakaan SDN Sungai Gampa 2 adalah perpustakaan yang tergabung dan dikelola sepenuhnya oleh SDN Sungai Gampa 2 dengan tujuan usaha membantu untuk mencapai tujuan sekolah. Perpustakaan ini merupakan salah satu sumber belajar di sekolah yang amat penting. Sebagai salah satu sumber belajar di sekolah perpustakaan membantu tercapainya misi dan visi sekolah tersebut.

Mengingat pentingnya peran perpustakaan sekolah maka perlu adanya suatu pengelolaan atau manajemen yang tepat dan cepat sehingga fungsi perpustakaan sekolah benar-benar terwujud. Perpustakaan sekolah seharusnya mampu memenuhi kebutuhan penggunanya akan berbagai pengetahuan dan informasi secara mudah dan cepat di era globalisasi ini.

 Perpustakaan SDN Sungai Gampa 2 pernah mencoba menggunakan suatu sistem informasi managemen perpustakaan (SIM Perpus) dengan memanfaatkan komputer. Akan tetapi karena keterbatasan biaya dan tenaga profesional, maka untuk saat ini pengelolaan perpustakaan sekolah ini dilakukan dengan cara manual.

Perpustakaan SDN Sungai Gampa 2 berupaya melakukan terobosan dan revitalisasi peran dan fungsi perpustakaan sekolah untuk mendukung program dan visi-misi sekolah. Berbagai program dan terobosan yang direncanakan, diharapkan dapat memberi ruang yang lebih besar agar perpustakaan sekolah sebagai center of knowledge dapat terealisasi secara optimal.

Perpustakaan Sekolah ini berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat melalui bacaan hiburan. Dalam kaitan dengan kurikulum yang diterapkan di SDN Sungai Gampa 2, perpustakaan sekolah berfungsi:
1.Wadah atau wahana pengetahuan, administrasi dan organisasi yang sesuai sehingga memudahkan penggunaannya;
2.Sumber rujukan (reference centre) siswa, guru, tenaga bimbingan, tenaga administrasi dan pegawai yang berada dibawah naungan SDN Sungai Gampa 2
3.Sarana pendukung dalam proses belajar mengajar, guna mencapai tujuan pendidikan nasional;
4.Pusat informasi bagi kegiatan belajar mengajar;
5.Sumber yang menyediakan bahan-bahan yang bermanfaat bagi kegiatan penunjang kegiatan belajar mengajar, seperti kegiatan yang berkaitan dengan budaya, seni, kreasi dan budaya.

Jenis-jenis layanan Perpustakaan SDN sungai Gampa 2 meliputi:
1. Peminjaman berbagai jenis buku pelajaran, referensi, sastra, majalah, dll.
2. Multimedia (TV, VCD/DVD,LCD)
3. Pemutaran Film-film/CD/DVD pembelajaran

  
Lihat Juga
Program Perputakaan
Struktur Kepengelolaan
Tata Tertib Perpustakaan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar