Senin, 04 Februari 2013

Peringatan Maulid Rasulullah 1434 Hijriah

Dalam bulan Rabiul Awal 1434 H bertepatan dengan tanggal 4 Pebruari 2013, SDN Sungai Gampa 2 melaksanakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad saw. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dalam upaya menumbuhkan kecintaan siswa-siswi SDN Sungai Gampa 2 terhadap Rasulullah saw sekaligus mengambil suri tauladan untuk dijadikan contoh dalam berpikir dan bertindak di masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Berperan sebagai penceramah, Ustadz Husnan lebih menekankan pada uraian sekitar contoh-contoh kehidupan Rasulullah semasa masih anak-anak. Uraian ini dimaksudkan agar siswa dapat mengambil contoh dan mengamalkan dalam sikap hidup sehari-hari. Misalkan bagaimana adab Rasulullah terhadap orang yang lebih tua, teman sebaya, maupun kepada orang yang lebih muda. Dalam kesempatan ini, Ustadz Husnan juga menyinggung masalah kewajiban seorang siswa terhadap dirinya sendiri, orang tua, sekolah, masyarakat, agama dan bangsa.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh orang tua maupun wali siswa serta undangan lainnya. Antusias para orang tua dan wali murid SDN Sungai Gampa 2 dalam menghadiri kegiatan ini cukup besar. Di samping ikut mendengarkan ceramah yang disampaikan Ustadz husnan, mereka juga dapat menyaksikan penampilan siswa dan siswi yang tergabung dalam kelompok maulid Habsy melantunkan syair-syair maulid diiringi pukulan rebana. Di kesempatan ini siswi yang tergabung dalam kelompok tari juga menyajikan sebuah Tarian Saman.