Jumat, 07 Juni 2013

Perkumpulan Maulid Habsy "BAHALAP" SD Negeri Sungai Gampa 2

Bahalap Putra

Salah satu kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan SD Negeri sungai Gampa 2 adalah kegiatan Maulid Habsy. Kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan siswa-siswanya di bidang kebudayaan yang bernafaskan Islami. Hal ini sesuai dengan karakteristik masyarakat desa Sungai Gampa yang merupakan masyarakat relegius/agamis. Di samping itu, tujuan pendidikan di Kabupaten Barito Kuala yang salah satunya yaitu menuntaskan buta aksara Arab dan menggalakkan budaya islami.


Bahalap Putri

Perkumpulan Maulid Habsy Bahalap SD Negeri Sungai Gampa 2 ini dibentuk pada tahun ajaran 2011/2012 atas kerjasama antara pihak sekolah, alumnus, orang tua siswa dan masyarakat. Perkumpulan ini diberi nama “BAHALAP” ini diambil dari Bahasa Bakumpai (Bahasa daerah Kabupaten Barito Kuala) yang berarti “CANTIK” atau “BAGUS”. Perkumpulan ini terbagi dua yaitu “Bahalap Putri” dengan anggota 15 orang siswa perempuan dan “Bahalap Putra” dengan anggota 15 orang siswa laki-laki.


Masing-masing perkumpulan terdiri dari :
a. 5 orang penyair dan penyahut
b. 4 orang pemain tarbang utama
c. 4 orang pemain rawis (tarbang kecil)
d. 1 orang pemain tarbang bass besar
e. 1 orang pemain tarbang bass sedang

Di samping tampil pada acara kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sekolah, mereka juga sering diundang tampil pada acara kegiatan di masyarakat, misalnya peringatan hari besar keagamaan, upacara perkawinan, mengikuti lomba-lomba Maulid Habsy yang diadakan oleh pihak lain di luar sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar